Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

5 Cara Manfaatkan Gula Untuk Bersihkan Dapur Anda

Dapur merupakan salah satu bagian penting di rumah yang paling rentan kotor dan meninggalkan banyak noda bekas memasak. Oleh karena itu, kebersihan dapur sangat penting untuk lebih diperhatikan. Malas membersihkan dapur hanya akan menumpuk berbagai kotoran hingga memicu perkembangan bakteri dan kuman. Akhirnya, masakan yang anda masak tak lagi higienis.

Urusan bersih-bersih dapur ternyata bisa dengan memanfaatkan gula lho, salah satu bumbu dapur ini bukan hanya berguna menciptakan makanan yang lezat dan manis saja lho. Gula juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan dapur! Penasaran? Yuk simak 5 cara memanfaatkan gula untuk membersihkan dapur berikut ini.

 

Gula dan Baking Soda

Campurkan 3 sdm gula dengan 1 sdt baking soda, lalu tambahkan sedikit air hingga menjadi campuran yang agak padat. Gunakan campuran gula dan baking soda untuk membersihkan noda minyak atau kerak-kerak kotoran yang menempel pada meja ataupun dinding dapur. Gosok perlahan dengan menggunakan lap basah.

 

Gula dan Air Mawar

Alat-alat dapur yang terbuat dari stainles steel atau besi sangat rentan mengalami karatan apabila kita membiarkannya kotor. Oleh karena itu, gunakan campuran gula dan air mawah dengan perbandingan 3:1. Biarkan gula meleleh dalam air mawar. Lalu gunakan untuk membersihkan peralatan dapur hingga bersih mengkilat.

 

Gula dan Air Lemon

Lemon dipercaya dapat membunuh bakteri dan kuman penyebab penyakit dengan kandungan asam sitratnya sebagai anti bacteria. Mencampurkan gula dengan lemon dapat digunakan untuk membersihkan bagian yang paling rentan terserang kuman dan bakteri seperti wastafel. Selain itu, campuran lemon dan gula juga dapat membuat wastafel anda bebas dari bau amis.

 

Gula dan Cuka

Selanjutnya, anda bisa menggunakan campuran gula dan cuka untuk membersihkan lantai dapur dari kerak dan kotoran. Campurkan 3sdm gula dengan 3 sdm cuka, kemudian gosok lantai hingga bersih. Campuran ini juga bisa untuk membersihkan kerak pada oven dan kerak pada alat pemanggang.

 

Nah itu dia beberapa cara memanfaatkan gula selain untuk makanan Anda. Selalu ingat, dapur adalah bagian yang paling rentan kotor karena disini selalu ada aktivitas setiap harinya. Bersihkanlah dapur setiap hari agar anda semakin nyaman dalam kegiatan memasak.

Semoga bermanfaat.

Related Article