Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Tips & Trik Menyimpan Sisa Bahan Makanan

Saat memasak, terkadang kita menyisakan beberapa bahan makanan yang sangat mubazir apabila kita sia-siakan begitu saja. Padahal jika kita kumpulkan, sisa-sisa bahan tersebut dapat digunakan sebagai bahan pelengkap koleksi buku resep kita. Nah, sebaiknya kita menyimpan sisa-sisa Bahan makanan tersebut untuk digunakan keesokan harinya. Namun kesalahan dalam menyimpannya hanya akan membuat bahan makanan tersebut menjadi cepat basi. Ujung-ujungnya berakhir di tempat sampah juga. Maka dari itu, lakukan tips berikut ini agar bahan makanan tetap segar dan bisa digunakan kemudian.

 

Gunakan Wadah Kedap udara

Sekarang ini sudah banyak kita jumpai wadah kedap udara yang sangat berguna untuk menyimpan sisa bahan makanan. Tapi, kamu harus memisahkan beberapa bahan sisa makanan ya, ini bertujuan agar rasa dan aromanya tidak akan berubah. Misalkan, tempat menyimpan potongan bawang jangan sampai dicampur dengan potongan seledri. 

 

Jangan Simpan di Dalam Kaleng

Setelah kita membuka makanan kaleng, biasanya kita tidak akan memindahkan makanan tersebut ke wadah lain dan membiarkannya tetap di dalam kaleng meskipun berada di dalam kulkas. Padahal, makanan kaleng sangat rentan berubah rasanya apabila kita membiarkannya dalam keadaan tutup yang sudah terbuka. Oleh karena itu, sebaiknya pindahkan sisa makanan kaleng ke dalam wadah kedap udara.

 

Pilih Wadah Transparan

Tujuan memilih wadah transparan adalah agar kamu bisa lebih mudah untuk mengetahui isi di dalam wadah tersebut tanpa harus repot-repot membukanya lagi. Kaca toples, wadah plastik kedap udara, dan kantong plastik transparan bisa menjadi pilihan untuk menyimpan sisa bahan makanan.

 

Beri Label dan Tanggal

Cara ini mungkin sedikit merepotkan, namun sangat berguna untuk kamu mengetahui tanggal berapa kamu menaruh sisa bahan makanan tersebut di dalam wadah. Apabila sudah terlalu lama dan sudah tidak layak untuk dikonsumsi, kamu bisa membuangnya. Namun, apabila masih baru beberapa hari disimpan, tidak masalah jika kamu ingin mengonsumsinya kembali.

 

Simpan di Tempat yang Mudah Dijangkau

Terkadang kita suka lupa tempat menaruh sisa bahan makanan, terutama pada saat kita ingin mengolahnya kembali. Oleh karena itu, pilihlah tempat yang mudah dijangkau agar kamu tidak perlu repot-repot mencarinya saat ingin menggunakannya kembali. Area kulkas merupakan area terbaik untuk menyimpan sisa-sisa bahan makanan.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan sisa-sisa bahan makanan, dengan begitu bahan-bahan sisa makanan tidak akan mubazir lagi. Selamat mencoba :D

Related Article