Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

4 Trik Mudah Cegah Buah Berubah Warna Setelah Dipotong

Pernahkah SasaCooks memotong sebuah apel, lalu membiarkannya beberapa saat? Apel yang baru pertama kali dipotong akan memperlihatkan warna putih kekuningan pada bagian dagingnya. Setelah dibiarkan beberapa saat, potongan apel tersebut akan berubah warna menjad kecoklatan.

Peristiwa seperti ini disebut browning enzimatic, dimana tekstur buah berubah karena enzim yang bereaksi dengan oksigen. Sebetulnya perubahan warna pada buah ini tidaklah berbahaya, hanya saja dapat membuat buah jadi kurang menarik untuk dinikmati.

 

 

Meski begitu, ada lho beberapa trik mudah agar buah tidak berubah warna setelah dipotong, yuk simak tips berikut ini:

Potong buah di dalam air

Saat memotong buah, lakukanlah di dalam wadah yang berisi air. Hal ini bertujuan untuk menghentikan oksidasi sehingga buah tidak akan berubah warna.

 

Gunakan jus lemon/jus nanas

Setelah buah dipotong-potong, cobalah untuk mengolesinya dengan jus lemon atau jus nanas. Karena jus lemon dan jus nanas mengandung suatu zat yang dapat memperlambat reaksi enzim pada buah.

 

Campurkan buah dengan air garam

Masukkan buah yang sudah dipotong-potong ke dalam semangkuk air yang sudah dicampur dengan garam. Rendam potongan buah tersebut selama kurang lebih 2 menit. Nah garam inilah yang akan memperlambat proses browning enzimatic.

 

Air madu

Tips berikutnya yang bisa SasaCooks coba adalah dengan merendamnya dalam air yang dicampur dengan madu. Caranya sangat sederhana lho, cukup merendam buah-buahan selama hampir 30 detik di dalam campuran 2 sendok makan madu dan 1 gelas air.  Buah-buahan tersebut akan tetap segar dan cerah dan tak berubah warna selama kurang lebih 8 jam.

 

 

Itu dia beberapa tips untuk mencegah buah berubah warna setelah dipotong, dengan begitu makan buah pun jadi lebih menggiurkan bukan? Semoga informasi ini bermanfaat yah!

Selamat mencoba ^^

Related Article