Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Begini Cara Memasak Sayuran agar Vitaminnya Tetap Utuh

Sayur-sayuran merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Namun bila salah dalam mengolahnya, sayur-sayuran justru bisa kehilangan kandungan nutrisi dan vitaminnya. Oleh karena itu, sebaiknya sasacooks mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mengolah sayuran yang tepat agar tubuh tetap mendapatkan manfaat dari nutrisi sayuran tersebut. Berikut ini adalah cara memasak sayuran yang baik dan benar.

 

Dengan cara ditumis

Beragam sayuran tidak baik jika dimasak terlalu lama. Cara yang paling tepat dalam mengolah sayuran adalah dengan menumisnya. Dengan cara ini, antioksidan yang terkandung di dalam sayuran seperti wortel, brokoli, sawi, buncis dan lain sebagainya tidak akan hilang. Sebaliknya, jika memasak sayur dengan cara direbus justru dapat menghilangkan karotenoid dan vitamin lainnya karena larut di dalam air.

 

Tambahkan sedikit minyak sayur

Saat menumis sayuran, tambahkan sedikit minyak sayur (boleh juga olives oil/zaitun oil) agar sayur tetap hijau. Minyak yang digunakan tidak boleh berlebihan sehingga sayuran tidak sampai terlalu kering. Minyak ini akan menyerap bumbu-bumbu yang dituangkan ke dalam tumisan sehingga membuat sayur jadi lebih gurih dan nikmat.

 

Bawang putih

Untuk memperkaya rasa, tambahkan bawang putih pada setiap olahan sayur yang SasaCooks buat, bawang putih ini akan menjadi bumbu yang membuat rasa masakan jadi makin gurih. Nah pada saat memotong bawang putih, biarkan terlebih dahulu selama 15 menit sebelum ditumis atau dimasak. Sebuah penelitian menyatakan bahwa bawang putih (setelah dipotong-potong) yang telah terkena udara akan bereaksi dan melepaskan semacam senyawa yang dapat mencegah terjadinya kanker.

 

Jangan memotong sayuran terlalu kecil

Saat hendak memasak sayur, pastinya SasaCooks memotong-motong sayuran tersebut terlebih dahulu kan? nah usahakan agar potongannya tidak terlalu kecil. Potonglah sayur dengan ukuran agak besar, ukuran yang besar ini akan mengurangi ekspose terlalu berlebihan yang dapat menghancurkan vitamin dan nutrisi.

 

 

Tips-tips di atas sangat bermanfaat lho, terutama untuk tetap mempertahankan kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalam sayuran. Kalau nutrisinya tidak berkurang sedikitpun, pastinya tubuh juga akan merasakan manfaatnya.  

Related Article