Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Bihun Mudah Hancur, Ini Cara Yang Benar Memasak Bihun

Bihun adalah salah satu bahan makanan yang terbuat dari tepung beras berwarna putih dan bentuknya seperti mie kuning namun lebih kenyal dan lembut, sehingga banyak yang menyukai jenis mie yang satu ini. Namun saat mengolah bihun, terkadang kita mengalami beberapa masalah seperti, tekstur bihun yang kelembekan, mudah hancur dan terlalu rapuh. Kesalahan sedikit saja, maka bihun yang akan kamu sajikan bisa berantakan tidak karuan, bahkan tak lagi menarik untuk dihidangkan hingga menurunkan selera makan.

Hancurnya tekstur bihun tentu saja membuat kita cukup jengkel, apalagi jika kita memiliki waktu terbatas dan tidak sempat untuk mengulang lagi proses perendaman bihun.  Tapi Jangan khawatir, berikut ini adalah tips untuk mengolah bihun:

Pilih bihun berkualitas

Bihun berkualitas baik pastinya tidak akan mudah hancur, oleh karena itu, pilihlah selalu bihun berkualitas.  Bihun yang berkualitas biasanya memiliki kemasan yang lebih menarik dan warnanya tidak kusam. Menggunakan bihun berkualitas tentu saja dapat membuat hindangan bihun jadi lebih mantaaap.

 

Rendam bihun dengan air dingin.

Merendam bihun menggunakan air dingin memang membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan merendam bihun menggunakan air panas yang baru saja mendidih. Tetapi hasil rendaman bihun dalam air dingin akan membuat tekstur bihun jadi lebih kenyal dan tidak mudah hancur. Sangat cocok untuk diolah kembali menjadi hidangan bihun goreng atau bihun tumis.

 

Beri campuran minyak wijen

Setelah direndam dan ditiriskan, campur sedikit minyak wijen pada bihun agar bihun tidak saling menempel sebelum diolah dalam proses masak selanjutnya. Sebelum ditumis atau digoreng, bihun mungkin akan tetap menempel walau sudah diberi minyak wijen. Tapi saat diolah dalam proses selanjutnya, bihun akan kembali ‘lepas’ dan tidak saling menempel lagi.

 

Gunakan api sedang & jangan terlalu sering mengaduk saat memasak

Saat membuat bihun goreng, gunakan api sedang selama proses memasak dan jangan terlalu sering mengaduk bihun agar tidak mudah hancur. Aduklah hanya pada saat kamu menambahkan bumbu-bumbu hingga tercampur dengan merata.

 

 

Itu dia beberapa tips agar bihun tidak mudah hancur ketika diolah, kenikmatan pada bihun tergantung dari cara kita untuk mengolahnya. Selamat mencoba :) 

Related Article