Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Cara Cerdas Atasi Minyak Goreng Yang Berbusa Saat Menggoreng

Mungkin SasaCooks pernah mengalami minyak goreng berbusa ketika sedang memasak? Ada banyak faktor penyebab minyak menjadi berbusa, yaitu:

 •    Menggoreng dengan minyak bekas

•    Menggoreng dengan temperature minyak yang belum panas

•    Menambahkan kuning telur pada gorengan

•    Memasak dengan suhu terlalu panas, dan lainnya

Menggoreng dengan keadaan minyak yang berbusa ini memang cukup menyebalkan yah, karena membuat kita tidak bisa melihat dengan jelas apakah bahan makanan yang kita goreng sudah cukup matang atau belum. Selain itu, makanan yang digoreng dengan minyak berbusa ini juga hasilnya kurang maksimal dan warnanya pun terlihat kurang menarik. Nah maka dari itu, SasaCooks harus mensiasati agar minyak goreng yang digunakan tidak mengalami hal seperti ini, yuk simak tipsnya berikut ini.

Gunakan minyak goreng yang baru

Sebaiknya selalu menggunakan minyak goreng baru supaya rasa dan wangi dari gorengan kita tetap terjaga. Apabila ingin menggunakan minyak goreng bekas pakai (baca juga : http://www.kreasisasa.com/cookingnary/tips-lainnya/tips-pemanfaatan-minyak-bekas-menggoreng) sebaiknya pastikan minyak goreng tersebut masih layak digunakan dan tidak memiliki bau minyak yang mengganggu.

Tambahkan minyak goreng saat mengocok telur

Kuning telur adalah penyebab utama menggoreng makanan jadi berbusa, oleh sebab itu, SasaCooks bisa mensiasatinya hanya dengan menggunakan putih telur saja. Dijamin deh, menggoreng makanan tidak akan berbusa.

Apabila SasaCooks tidak bisa menghindari kuning telur, tips berikutnya adalah dengan menambahkan satu sendok minyak goreng saat telur dikocok. Namun yang perlu diingat, jangan menambahkan minyak panas pada kocokan telur, gunakan lah minyak yang dingin. Setelah tercampur rata, telur bisa langsung digoreng.

Gunakan suhu api yang tepat, tidak besar dan tidak terlalu kecil

Suhu api yang terlalu panas juga dapat menyebabkan minyak goreng menjadi berbusa, sebaiknya gunakanlah suhu yang pas (tidak besar dan tidak terlalu kecil). Selain itu, penggunaan suhu yang tepat juga dapat mempengaruhi hasilnya, apabila suhu terlalu tinggi dapat menyebabkan masakan jadi cepat gosong dan tampilannya pun jadi kurang menarik.

 

Setelah mengetahui tips dan trik mengatasi minyak yang berbusa saat menggoreng diatas, pastinya SasaCooks tidak perlu cemas lagi ketika hendak menggoreng. Selamat memasak! ^^ 

Related Article