Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Gunakan bahan-bahan ini untuk menghilangkan bau amis pada daging

Bau amis yang berasa dari daging memang cukup sulit untuk dihilangkan, entah itu daging sapi maupun daging ikan, keduanya memiliki bau amis yang sangat mengganggu apabila sudah lama disimpan. Bahkan ketika sudah dimasakpun bau amis tersebut masih kerap muncul karena kesalahan pada saat mengolahnya dan membuat selera makan berkurang. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging. Pada kesempatan kali ini akan dibahas cara menghilangkan bau amis tersebut.

 

Menggunakan Nanas

Buah tropis yang satu ini terkenal akan kesegarannya dan sangat baik untuk kesehatan. Namun, buah ini ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan bau amis pada daging sapi, daging ayam, maupun daging ikan. Caranya cukup mudah, lumuri daging terlebih dahulu sebelum memasak dengan buah nanas yang sudah diparut atau di potong-potong kecil. Kemudian diamkan daging selama 1 jam, setelahnya daging siap untuk diolah dan tentu saja daging tersebut akan bebas dari bau amis karena sifat dari buah nanas yang mudah larut.

 

Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang memiliki aroma khas sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging. Kandungan enzim proteolitik pada jahe dapat memecah protein, sehingga daging yang sudah dilumuri jahe dapat menghilangkan bau amis dan juga membuat daging menjadi semakin empuk.

 

Cuka dan Tomat

Kandungan asam pada cuka dan tomat dapat membuat bau amis pada daging menghilang, daging akan menjadi lebih empuk pada saat diolah menjadi masakan. Selain itu, menggunakan campuran cuka dan tomat juga dapat membuat daging jadi tidak mudah basi.

 

Jeruk Nipis

Aroma segar khas jeruk nipis ini mampu menghilangkan bau amis dari berbagai jenis daging secara alami. Kandungan asam nya mampu menghilangkan bakteri penyebab pembusukan. Oleh karena itu, jeruk nipis adalah buah yang paling sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging. Caranya adalah dengan melumuri daging dengan perasan air jeruk nipis sesuai selera, sebelum atau setelah mengolahnya.

 

Daun Pepaya

Fungsi utama daun pepaya adalah untuk membuat daging menjadi lebih empuk, kita bisa mengetahuinya dari cara memasak berbagai jenis kuliner khas nusantara yang menggunakan daun pepaya sebagai pembungkus saat mengolah daging. Fungsi tambahannya, daun pepaya juga dapat menghilangkan bau amis pada daging.

 

Itu dia beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging dan membuat tekstur daging menjadi lebih empuk.

 

 

Selamat mencoba :)

Related Article