Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Perbedaan ikan laut dan ikan air tawar yang perlu diketahui

SasaCooks suka memasak ikan? Biasanya ikan jenis apa yang diolah? Mengolah daging ikan memang gampang-gampang-susah, terutama dalam menghilangkan bau amis, duri, hingga membersihkan sisik. Hal ini sangat perlu dilakukan agar ikan yang diolah menjadi semakin nikmat dan lezaaat!

SasaCooks sudah mengetahui bahwa ikan memiliki dua jenis, yaitu ikan laut dan ikan air tawar. Ikan  gurame, ikan mas, lele, dan nila tergolong jenis ikan air tawar. Sedangkan kakap, bawal, tuna, salmon, tongkol, tenggiri dan kerapu tergolong jenis ikan laut (air asin). Apa sih perbedaan keduanya? Yuk simak ulasan berikut ini.

 

Rasa

Soal rasa, kedua jenis ikan tersebut memiliki cita rasa yang khas. Biasanya, ikan laut memiliki rasa gurih yang lebih alami karena habitatnya berada di dalam air asin. Jadi, SasaCooks hanya memerlukan bumbu yang sederhana untuk menghasilkan hidangan ikan laut yang lezat. Berbeda dengan ikan laut, SasaCooks memerlukan berbagai bumbu untuk membuat aroma dan rasa lebih kuat untuk mengolah ikan air tawar. Proses pengolahan yang kurang tepat dapat menyebabkan ikan air tawar menghasilkan aroma yang kurang sedap seperti bau lumpur. Nah, tips jitu untuk mengatasi hal ini adalah jeruk nipis atau lemon sebagai bumbu lumur sebelum memasak ikan air tawar ini.

 

Duri

Faktor lingkungan tentunya mempengaruhi struktur tulang dari setiap makhluk hidup. Ikan laut sudah terbiasa berenang di arus yang sangat kuat sehingga ikan laut memiliki struktur tulang/duri yang berukuran besar. Sebaliknya, jenis ikan air tawar terbiasa di arus yang tidak terlalu kencang, sehingga tulang/durinya lebih kecil dan halus bila dibandingkan dengan ikan laut. Intip cara menghilangkan duri ikan di http://www.kreasisasa.com/cookingnary/tips-lainnya/teknik-fillet-cara-mudah-menghilangkan-duri-ikan.

 

Kandungan nutrisinya (Omega 3 dan Iodin)

Mengonsumsi daging ikan dapat mencerdaskan otak? Tentu saja! Karena ikan mengandung Omega 3 yang bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan sel-sel otak. Nah, baik ikan air tawar maupun ikan laut, keduanya sama-sama memiliki kandungan omega 3. Namun Ikan laut memiliki kandungan omega 3 yang lebih tinggi karena ikan laut berupaya mempertahankan suhu tubuh dengan kandungan lemak/minyak yang tetap cair pada suhu laut dalam yang sangat rendah. Selain itu, kandungan iodin pada ikan laut juga lebih tinggi dibandingkan pada ikan air tawar.

Itu dia beberapa perbedaan tentang ikan laut dan ikan air tawar yang perlu diketahui. Keduanya tetap enak kok bila diolah dengan cara yang benar. Dan yang paling penting, SasaCooks harus selalu memastikan kalau ikan yang hendak diolah itu masih dalam keadaan segar ya!

 

Cobain juga resep dengan bahan dasar ikan yang satu ini, rasanya yang identik dengan rasa asam menjadikan menu makanan yang satu ini memberikan rasa yang segar http://www.kreasisasa.com/sasa-recipe/ikan-kuah-asam                     

 

Related Article