Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Tips Agar Ayam Panggang Tidak Hancur dan Bumbu Meresap hingga ke tulang

Siapa sih yang tidak suka dengan olahan ayam? Makanan ini tentunya sudah memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner. Nah, salah satu olahan ayam yang menjadi favorit adalah ayam panggang. SasaCooks pastinya sering dong makan ayam panggang? Perpaduan berbagai bumbu khas ayam panggang dari berbagai daerah di Indonesia ini juga menambah warna-warni kuliner tersebut. Ada ayam taliwang, ayam panggang wonogiri, ayam panggang padang dan masih banyak lagi.

Karena kuliner ini begitu dicintai, SasaCooks pastinya juga ingin membuat ayam panggang sendiri dong dirumah? Namun terkadang hasil akhirnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, entah bumbu yang kurang meresap, teksturnya berantakan dan lain-lain. Nah untuk menghasilkan ayam panggang dengan rasa spektakuler ini tidak sembarangan, ada beberapa tips yang harus dipelajari oleh SasaCooks terlebih dahulu nih, Yuk simak tipsnya dibawah ini:

 

Pilih ayam yang fresh

Untuk menghasilkan ayam panggang dengan rasa yang sangat lezat, tentunya kualitas ayam itu menentukan. Entah SasaCooks menggunakan ayam kampung maupun ayam broiler, yang paling penting adalah ayam tersebut masih fresh. Selanjutnya potonglah ayam menjadi beberapa bagian agar ayam panggang bisa matang dengan sempurna

 

Pilih bumbu yang banyak

Ingin mendapatkan rasa bumbu yang meresap hingga ke tulang? Caranya adalah dengan menggunakan bumbu dalam jumlah yang banyak. Ayam juga bisa diungkep terlebih dahulu sebelum dibakar supaya bumbunya semakin mantap!

 

Masak dengan api kecil hingga menyusut

Saat melakukan proses mengungkep daging ayam, gunakanlah dengan api kecil. Hal ini bertujuan agar bumbu-bumbu yang dipadukan meresap dan menyusut. Menggunakan api besar hanya dapat membuat ayam jadi lebih cepat hancur ketika dipanggang.

 

Pastikan bumbu meresap

Saat diungkep, jangan lupa membalik beberapa ayam yang mungkin tidak terendam bumbu. Gunakan penjepit untuk membalik agar ayam tidak hancur dan pastinya bentuknya bisa tetap utuh. Kalau semua bagian ayam sudah berubah warna secara merata, barulah ayam selesai dibumbui.

 

Diamkan setelah dibumbui

Setelah diungkep, jangan langsung memanggang ayam, diamkanlah terlebih dahulu selama 3-4 jam agar ayam mendingin dan bumbunya meresap lebih kuat. Setelah didiamkan, barulah ayam siap untuk dipanggang.

 

Memanggang

Nah proses terakhir inilah yang menentukan kelezatan dari ayam panggang. SasaCooks bisa memanggang menggunakan bara api, atau lebih mudah dengan menggunakan oven. Pangganglah ayam hingga warnanya berubah kecoklatan dan mengeluarkan aroma yang menggiurkan, jangan memangganggnya terlalu lama, karena dapat membuatnya menjadi gosong. 

 

 

Itu dia tips membuat ayam panggang. Cobain juga resep Ayam Panggang Madu dari Sasa ini ya http://www.kreasisasa.com/sasa-recipe/ayam-panggang-madu selamat mencoba ya SasaCooks! Semoga berhasil :D

Related Article