Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Tips Cerdas Menggoreng Ayam Matang dan Tidak Berdarah

Hai SasaCooks! Seberapa sering kamu memasak ayam? Sejak dahulu, daging ayam memang menjadi bahan makanan yang paling digemari oleh banyak orang, bukan hanya karena rasanya saja yang lezat, namun tekstur dagingnya pun sangat lembut bila kita benar dalam mengolahnya. Namun, terkadang kita melupakan beberapa hal pada saat mengolah daging ayam tersebut, sehingga terjadi kesalahan yang menyebabkan daging ayam jadi kurang matang, bahkan masih ada darah ayam di dalam dagingnya. Hal ini tentu saja dapat merusak selera makan.

Saat memasak/menggoreng ayam, kita harus lebih memperhatikan tingkat kematangan ayam. Karena daging yang masih mentah ini masih berbau anyir, belum lagi ayam yang masih mentah ini dapat menjadi perantara bakteri salmonella dan virus berbahaya. Nah demi mengantisipasi hal ini, yuk kita lakukan cara cerdar menggoreng ayam berikut ini:

 

Perhatikan suhu api ketika menggoreng ayam

Jika memasak ayam dengan jumlah sedikit, sebaiknya SasaCooks menggunakan wajan kecil dan menggunakan api kecil. Hal ini bertujuan agar daging ayam matang merata hingga ke bagian dalam. Namun jika SasaCooks ingin menggoreng ayam dengan jumlah yang banyak, gunakanlah wajan yang besar dan gunakan api yang besar. Karena jika mengoreng banyak ayam namun menggunakan api yang terlalu kecil dapat membuat ayam matang terlalu lama. Namun SasaCooks harus terus mengawasi proses memasaknya agar tidak gosong.

 

Perhatikan jumlah minyak

Jumlah minyak juga harus diperhatikan lho, SasaCooks. Karena mempengaruhi daging ayam matang secara merata atau tidak. Gunakan minyak dengan jumlah yang banyak hingga seluruh bagian ayam terendam, dengan begitu daging ayam akan matang sempurna tanpa bercak darah. Usahakan juga untuk selalu menggunakan minyak yang masih baru, hal ini bertujuan agar ayam yang dimasak menjadi lebih higienis.

 

Menusuk daging sebelum menggoreng

Nah, tips ampuh yang satu ini juga bertujuan agar ayam bisa matang dengan sempurna dan tidak berdarah. Berikan daging ayam perlakuan khusus sebelum menggorengnya, dengan cara menusuk-nusuk bagian dagingnya dengan garpu. Dengan begitu, pada saat digoreng, minyak panas akan masuk ke sela-sela daging yang sudah dilubangi dengan garpu tadi. Hasilnya, ayam akan matang dengan lebih merata.

 

Diamkan daging ayam dalam suhu ruang sebelum digoreng

Biasanya, kita menyimpan daging ayam didalam freezer sebelum hendak memasaknya. Nah ketika ingin memasaknya, jangan langsung menggoreng ayam yang masih dalam keadaan beku. Biarkan ayam beberapa saat pada suhu ruang terlebih dahulu. Kondisi daging ayam yang masih beku ini hanya akan membuat ayam cepat matang pada bagian luarnya saja. So? Demi hasil yang memuaskan, tidak ada salahnya bukan untuk sedikit lebih bersabar? :D

 

 

Itu dia tips supaya menggoreng ayam matang secara merata, selamat mencoba ya! semoga informasi ini bermanfaat^^ 

Related Article