Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Tips membuat sendiri sate taichan di rumah

Berbicara seputar kuliner yang sedang hits di Jakarta, sate taichan lah jawabannya! Jenis sate yang satu ini berbeda dengan sate pada umumnya yang biasa disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap. Sate taichan ini hanya memakai sambal cabe rawit sebagai bumbunya, wah cocok banget nih untuk kamu pecinta makanan pedas.

Biasanya, sate ayam memiliki warna kecoklatan. Nah, kalau sate taichan ini berbeda, dagingnya berwarna putih persis seperti warna daging ayam yang sudah matang. Saat memakan sate taichan, lidah kamu akan dimanjakan dengan sensasi rasa gurih-asin dan sensasi rasa asam jika kamu menambahkan perasan jeruk nipis di atas satenya.

Mungkin di lingkungan sekitar belum ada penjual yang menjajakan sate taichan ini? tenang saja, SasaCooks bisa membuatnya sendiri dirumah kok! Nah sebelum membuat sate taichan yang lezat, perhatikan terlebih dahulu hal-hal penting berikut ini:

Gunakan dada ayam fillet

Sate taichan biasanya menggunakan 100% daging dada ayam, jadi jika tujuannya hanya untuk membuat sate taichan, sebaiknya kamu membeli daging dada fillet saja daripada harus membeli daging ayam utuh. Karena daging ayam bagian lainnya kurang cocok untuk dijadikan sate taichan.

Bumbui daging terlebih dahulu hingga bumbunya meresap

Setelah memiliki dada ayam fillet, potong-potong dada ayam tersebut seukuran dadu, kemudian tusuk-tusuk. Selanjutnya bumbui sate dengan bumbu kaldu, perasan jeruk nipis, diamkan selama 15 menit hingga bumbu terserap merata. Barulah sate taichan siap untuk dibakar.

Proses Pemanggangan

Ada dua cara untuk memanggang sate taichan, yang pertama dengan menggunakan arang, dan yang kedua dengan menggunakan pemanggang kompor biasa yang berbentuk teflon. Untuk mendapatkan rasa dan tingkat kematangan yang sempurna, bakarlah sate taichan dengan menggunakan arang. Namun jika merasa terlalu ribet, SasaCooks juga bisa menggunakan pemanggang biasa.

Penyajian Sate Taichan

Setelah daging berubah warna menjadi putih, tandanya sate taichan sudah matang. Oleskan mentega sesaat sebelum sate matang, ini akan membuat sate jadi semakin gurih. Nah saat sudah matang, sajikan sate taichan bersama dengan sambal dan jeruk nipis. Tambahkan lontong agar sate taichan jadi makin lengkap.

Awalnya, sate taichan hanya daging dada ayam yang dibakar dengan bumbu asin, namun saat ini sudah banyak beragam kreasi sate taichan lainnya, seperti kulit ayam, usus, daging sapi, cumi-cumi dan lain sebagainya, tergantung dari kreativitas masing-masing.

Bagaimana SasaCooks? Tertarik untuk membuat sendiri sate taichan dirumah? ????

 

 

Intip juga resep Sate ala Sasa di http://www.kreasisasa.com/sasa-recipe/sate-ayam-ketumbar

 

Related Article