Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Tips Memilih dan Mengolah Kerang Agar Tak Bau Amis

Mengolah kerang? Hmmm, mungkin hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi SasaCooks nih. Kerang adalah salah satu seafood yang banyak diidolakan oleh banyak orang, terutama karena rasanya yang lezat, gurih dan kenyal. Namun, dalam urusan mengolahnya, mungkin sangat sulit sehingga SasaCooks lebih memilih untuk membeli kerang saja di restoran daripada mengolahnya sendiri di rumah.

Masalah utama pada saat mengolah kerang adalah baunya yang sangat amis dan sulit untuk dihilangkan. Selain itu, memilih kerang yang segar pun juga sulit untuk dilakukan, karena kerang yang dijual di pasaran biasanya masih tertutup oleh cangkangnya sehingga kita tidak mengetahui apakah kerang tersebut masih segar atau tidak. Nah pada saat memilih kerang, pilihlah kerang yang tidak berbau busuk dan tidak berlendir, hal ini menentukan kerang (dalam cangkang tertutup) didalamnya masih segar atau tidak.

Setelah memilih kerang, sebaiknya kerang langsung diolah, jangan menunggu waktu lagi dengan menaruhnya di dalam kulkas karena pada dasarnya kerang yang sudah mati dapat lebih cepat membusuk meskipun kita menaruhnya di dalam freezer. Jangan menunggu lagi, segeralah mengolah kerang tersebut!

Sebelum memasak kerang, pastikan untuk membersihkan kulitnya hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel. Sikat dan hilangkan segala kotoran yang menempel pada bagian luar cangkang hingga bersih. Selanjutnya, kita akan memasuki tahap pengolahannya.

 

Tambahkan bahan penghilang bau amis

Agar olahan kerang lebih nikmat dan tidak berbau amis, gunakan bahan-bahan penghilang bau amis dalam masakan, misalnya: serai, lemon, daun jeruk, daun kemangi, dan lain sebagainya.

 

Gunakan bumbu-bumbu pilihan

Supaya olahan kerang jadi makin nikmat dan tidak amis, pastikan gunakan bumbu-bumbu pilihan yang melezatkan, diantaranya: bawnag merah, bawang putih, cabai, jahe, lengkuas, dan lain sebagainya.

 

Jangan dimasak terlalu lama

Saat memasak daging kerang, usahakan jangan terlalu lama. Karena daging kerang bentuknya kecil dan tidak sebesar daging ayam/sapi. Hanya perlu waktu beberapa menit saja, kerang akan langsung matang. Jika terlalu lama mengolah kerang, dapat menyebabkan daging kerang menjadi lembek dan tidak enak dimakan.

 

Nah itu dia tips memilih dan mengolah kerang, semoga bermanfaat ya!

 

Selamat mencoba ^^

Related Article