Member

Mohon maaf, silahkan login terlebih dahulu.

Kembali

Tips Praktis Menggoreng Bawang Goreng Agar Renyah Dan Tahan Lama

Menambahkan bawang goreng sebagai garnish pada masakan indonesia dapat menambah cita rasa masakan menjadi lebih lezat dan gurih. Kita seringkali menemukan bahan makanan yang satu ini di berbagai jenis masakan, seperti nasi uduk, nasi goreng, bakso, mie ayam, gulai, semur, soto, dan masih banyak lagi. 

Pada dasarnya, bawang goreng berasal dari bawang merah yang diiris tipis kemudian digoreng hingga garing dan kriuk. Setiap orang tentunya bisa membuat sendiri bawang goreng dirumah. Namun tidak semua orang bisa membuat bawang goreng renyah dan tahan lama, terutama jika mereka masih melakukan beberapa kesalahan umum dalam memasak

 

Nah dibawah ini ada beberapa tips praktis untuk kamu yang ingin membuat sendiri bawang goreng dirumah agar lebih renyah dan tahan lama:

 

Pilih Bawang Berkualitas

Untuk membuat bawang goreng yang renyah dan tahan lama, pertama-tama adalah dengan memilih bawang merah yang berkualitas. Pilihlah bawang yang masih segar, hal ini bisa diperhatikan dari kulit luarnya. Apabila kulit luarnya masih terlihat licin, mengkilat, maka bawang tersebut berkualitas paling baik. 

 

Iris Tipis Bawang

Sebelum menggorengnya, irislah bawang goreng tipis-tipis dan merata pada setiap irisannya. Kamu bisa juga menggunakan alat khusus pemotong bawang, karena alat khusus ini sudah tak lagi sulit untuk didapatkan sekarang ini. 

 

Taburkan Garam Dan Tepung

Untuk menambah cita rasa bawang goreng yang lebih gurih, tambahkan sedikit garam. Usahakan untuk mengaduknya dengan perlahan agar bawang tidak hancur. Untuk membuat bawang goreng menjadi renyah dan tidak mudah hancur saat digoreng, tambahkan tepung kanji atau tepung beras sedikit saja dengan perbandingan 1 sendok tepung = 1 kilogram bawang. 

 

Api saat menggoreng

Pada saat menggoreng, pastikan menggunakan api berukuran sedang. Karena menggoreng bawang dengan api besar dapat membuat bawang goreng lebih cepat gosong. Sebaliknya, apabila menggoreng dengan api kecil akan memakan waktu yang cukup lama hingga bawang goreng benar-benar matang, renyah dan gurih. Oleh karena itu, menggunakan api sedang adalah yang paling baik. 

 

Simpan di Wadah Kedap Udara

Menyimpan bawang goreng sebaiknya di sebuah wadah atau toples yang kedap udara. Hal ini bertujuan agar bawang goreng jadi lebih tahan lama untuk digunakan sehari-hari. Apabila kamu berniat untuk menyimpan bawang goreng dalam kurun waktu yang cukup lama, sebaiknya gunakan plastik dan ditutup rapat-rapat seperti sebuah kemasan makanan.

 

Itu dia beberapa tips praktis menggoreng bawang goreng agar renyah dan tahan lama, bawang goreng yang renyah tentu saja dapat membuat masakan menjadi lebih gurih dan mantap!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. :)

Related Article